Monday, February 2, 2009

Learning Parkour. It's all about sharing!

Udah setaun lebih gw latihan parkour bareng temen2 di Parkour Jakarta. Seneng rasanya bisa liat perkembangan parkour yang sekarang sekali latihan bisa segambreng2 yang ikut. Tua-muda, tinggi-pendek, cowo-cewe, mellow-rock'n'roll, wallclimbers-balerina, sixpack-onefat, dan masih banyak lagi.

Dengan makin banyaknya bibit2 traceur/traceusse, pastinya metode latihan harus lebih rapih lagi. Lain ceritanya waktu masih November 2007 dimana yang latihan 10 orang aja udah dianggep rame banget, sekarang sekali latihan bisa nembus angka 30 orang seperti jamming rutin di Pasar Festival Kuningan tanggal 1 Februari kemaren.

Jadi dimana letak permasalahannya? Masalah utamanya sekarang di transfer knowledge. Gw cukup yakin kalo di Jakarta udah banyak praktisi2 parkour yang udah banyak makan asem-garem metode latian conditioning, latihan fisik, latihan teknik, bahkan hal paling mendasar yaitu filosofi dari parkour itu sendiri. Sekarang waktunya buat kita yang udah pernah diajarin untuk nerusin apa yang udah kita dapet ke gelombang parkour selanjutnya.

ĂȘtre fort pour ĂȘtre utile

Be strong to be useful, bukan berarti sebatas konteks kuat secara fisik dan filosofi untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang lain. Jadi gimana caranya kita berguna buat orang lain? Nunggu mereka dijambret maling? Nunggu mereka keperangkap di kebakaran? Rasanya nggak perlu deh.

Cukup dengan share apa yang udah kita dapet selama kita latihan parkour ke mereka2 yang tergolong newbie juga udah jadi sesuatu yang berguna kok Jangan merasa kita udah terlalu jauh di atas temen2 kita yang baru pertama kali latihan parkour, inget kalo kita dulu juga pernah ngelawatin tahap2 itu. Ada waktunya kita konsentrasi di pengembangan diri kita sendiri *both mentally and physically*, tapi ada waktunya juga buat kita share apa yang udah kita dapet ke temen2 yang baru belajar parkour.

Jangan sampe pas ada temen yang minta diajarin parkour, kita cuma bilang: "Jangan ke gw deh, ke dia aja yang udah lebih lama latihan". Be confident guys, parkour udah ngajar kita buat ngukur kemampuan kita sendiri. Nah, kalo ketemu pertanyaan kayak gitu, share-lah apa yang udah kita dapet dan kita rasa udah kita kuasain.

Nah, buat yang merasa masih baru dalam dunia seni berpindah tempat ini juga jangan pernah malu buat nanya sama ke yang udah lebih lama latihan. Nanya gak bayar kok. :D Terus be active, jangan pernah puas sama jawaban dari satu orang aja, tanya lagi ke yang lain, pokonya banyakin referensi deh. Gunanya apa? Ya itu ntar buat di share lagi ke gelombang selanjutnya. :)

2 comments:

Amelia said...

Wihh...Mbetul raden mister master kangmas daniel giovanni!
Gw dengan rajin dan semangatnya nanya mulu ke banyak 'senior' di PK.
Kadang ampe keder sendiri, ampe lupa ada yang uda pnah ditanya ampe 2x :D
MERDEKA !!!

Daniel Giovanni said...

eh, lo komen di postingan gw yang ini toh.. :D
ayo mel, progress gak akan berasa kok, lo liat aja si ika..
dulunya loncat aja berat sekarang udah lumayan licin.. :)