Tuesday, August 30, 2011

Titip menitip dengan layanan GO-JEK Indonesia dan Bistip.com

Mau nonton laga Timnas Indonesia tapi males ngantri tiket? Apa mungkin ngantri tiket Laskar Pelangi yang ticket box-nya buka siang-siang? Atau mungkin pengen beli barang di kota lain? Di luar negeri? Tapi butuhnya cepet kalo nggak males kena shipping fee? Mungkin dua layanan di bawah ini bisa elo coba.

---

GO-JEK Indonesia

Pertama kali tau ada layanan ini dari twitnya @arief_aziz. Pertamanya gw pikir ini cuma sebatas order ojek by phone/Y!M/BBM/Twitter aja, tapi ternyata bisa buat titip-titipan juga. Waktu meeting @TEDxJakarta beberapa bulan lalu, adiknya Arief yang jualan House of Lumpia pake GO-JEK ini buat delivery service. Makin lama ngeliatin timeline di Twitter, malah ada yang nitip tiket laga Timnas Indonesia buat diantriin, terus ada beberapa orang juga yang pake buat beli tiket Musikal Laskar Pelangi yang cepet abis itu.

Berbekal testimonial orang-orang, gw akhirnya memutuskan untuk nyobain layanan GO-JEK ini. Pertama kali gw cobain buat nitip benerin rantai jam tangan Casio gw yang cuma bisa dikerjain di Casio Service Center di deket Harmoni sana yang buka cuma pas office hour. Kalo gw musti ke sana pas lunch break, dijamin waktu gw abis di tengah jalan. Akhirnya gw coba telpon call center GO-JEK, prosedurnya cukup cepet, kita tinggal kasih tau detail pickup barangnya di mana, ntar mereka bakal calculate, dan kalo udah deal mereka bakal dateng sesuai jam request kita. Even ada konfirmasi SMS segala yang ngasih tau siapa driver yang bakal ngambilnya. Total bolak balik dari Permata Hijau - Casio Service Center - Permata Hijau cuma abis 2 jam.

Kali kedua gw nyobain, gw pake buat beli Mini DisplayPort to VGA Adapter di iBox Senayan City. Cukup ngasih tau detail barangnya, nanti mereka bakal beliin barangnya dan anter ke alamat kita. Kalo ini Permata Hijau - iBox Sency - Permata Hijau cuma butuh 1 jam. Overall ada beberapa poin lah yang bisa gw bikin setelah pake layanan GO-JEK ini:

  • Platform buat ngehubungin call centernya banyak
  • Sekalinya udah pernah pake, mereka bakal record datanya jadi gak ditanya-tanya ulang detail alamat kita
  • Kalo beli barang di bawah IDR 200.000, bisa dibeliin dulu sama mereka, ntar bayar pas barangnya dateng. Kalo di atas itu, mereka musti pickup dulu uangnya
  • Entah belom ada apa gw nggak dikasih semacem bukti pembayaran gitu
  • Tarifnya mirip kayak taksi tarif bawah (CMIIW)

---

Bistip.com

 

Nah, yang kedua ini gw taunya sebenernya udah agak lama. Dulu tampilan webnya nggak sebagus yang sekarang ini, gw baru tau lagi pas webnya udah revamp. Sempet masuk DailySocial juga kalo nggak salah. Waktu itu gw emang lagi mau beli Crocs Crostail. Ya ya ya, gw emang penasaran sama si sendal yang banyak orang gak suka ini. Tapi yang Crostrail ini modelnya nggak gitu-gitu amat kok *pembelaan*. Back to topic, jadi setau gw ada beberapa model yang emang kalo di Indonesia suka abis gitu, nitip ke temen yang lagi trip ke SG mungkin bisa, dan ternyata di timeline juga ada yang rekomendasiin buat nyoba @bistipes.

Pertamanya gw kirain gw ini service sejenis Bistip dan ternyata ini justru semacem sub-service di bawahnya Bistip yang bisa dititipin barang tapi nggak usah bayar tip si orang yang dititipinnya. Jadi sebenernya si Bistip ini nyediain wadah buat orang nitip-nitipan barang, misalnya mau beli barang di Bali, tapi kitanya di Jakarta, kita bisa pake Bistip ini buat nyari orang yang bakal jalan dari Bali ke Jakarta, nego seputar tip yang mau dikasih, nanti kalo udah deal dibawain deh barangnya ke Jakarta.

Setelah daftar di webnya, akhirnya langsung kirim message ke Bistipes yang udah ada akunnya di Bistip.com, dan kebetulan @nathaliezileta juga mau nitip yang model Shayna. Prosesnya cepet aja, gak pake repot, dan sesuai jadwal pas dia balik ke Jakarta, barangnya dibawain. Useful banget buat yang mau nitip barang yang agak mahalan dari jauh, both nitip beliin apa nitip bawain, tapi harganya jauh lebih murah dari shipping yang terkenal-terkenal itu. Kalo poin-poin dari gw:

  • Kalo kirim dokumen dari US ke Indonesia abis sekitar IDR 300.000, kalo pake Bistip kemaren sempet nanya-nanya salah satu user, kenanya cuma sekitar IDR 100.000, dan itu udah nitip barang, bukan dokumen
  • Cocok buat kirim-kiriman dokumen apa barang ke sodara/temen di luar kota/negeri
  • Kalo mau pake jasa nitipnya, mending cek dulu reputasinya, sekalian background check aja soalnya alamat web, FB, sama Twitter si user juga dicantumin kok

---

Kira-kira segitulah review gw buat dua layanan baru yang rasanya cukup meringankan orang-orang yang maunya banyak tapi nggak mau repot. Udah ada yang pernah nyoba juga? Silakan tinggalin komentarnya di bawah ya.

No comments: