Friday, October 14, 2011

Apply visa turis buat ke India ternyata nggak susah!

Img_6775

Jadi begini ceritanya, hari Rabu (12 Oktober) kemarin, gue, Idznie, sama Vasanthi akhirnya apply visa buat trip ke India bulan November nanti. Berbekal cari info sana sini dan bongkar Google, akhirnya ketemu blogpost super informatif ini. Makasih banyak buat yang udah nulis :)

Kita masuk ke ruang pengurusan paspor/visa satu-satu, pintu masuk Kedutaan India itu ada di samping, bukan dari pintu utama di Kuningan. FYI, untuk pengurusan visa/paspor ini mereka cuma buka jam 9 - 12 siang aja. Cukup ninggalin tas sama HP aja di pos penjaga, dokumen sama dompet mah bawa aja, abis itu dikasih kartu visitor, masuk ke
ruangan, ambil nomer antrian, udah deh nunggu nomernya nongol aja kayak di bank.

Kita bertiga sebenernya agak bingung soalnya flight sama hostel booking hampir semuanya jadi satu atas nama gue dan belom difotokopi buat dipegang masing-masing. Tapi ternyata pas giliran gue dipanggil (kebetulan gue yang pertama), gue cukup bilang kalo gue bakal travel in group, jadi si petugas counter langsung nyuruh Idznie sama Va ke counter juga.

Si petugasnya agak bingung pas kita bilang kalo berangkatnya cuma bertiga, mana mukanya masih muda-muda semua, dia sampe nanya: "Any older travelers in your group?" *LOL*, dan kemudian pembicaraan nggak berlanjut karena mungkin dia liat paspor kita yang alhamdulillah udah nggak kosong-kosong amat.

Selesai dari situ, bayar ke counter, dan dikasih tau kalo besoknya visa udah bisa diambil dari jam 16.00 - 16.30. Besoknya dateng, bawa struk pembayaran visa ke counter pembayaran, VOILA, dapet deh paspor yang udah ditempelin visa India. Dikasih yang valid sampe 13 Desember 2011, sisanya sesuai yang kita apply. Single entry, tourist, dll.

Jadi sebenernya poin-poin yang musti diperhatiin nggak banyak kok, gue coba repost ulang dan ngasih tambahan sedikit dari blogpost yang gue jadiin referensi ya:

  1. Passport dengan masa valid minimum 6 bulan. Yang ini cukup jelas lah ya, standar kok kalo mau apply visa.
  2. Dua lembar foto ukuran passpor (4x4), background putih. Yang ini foto visa standar juga, bisa pake bekas apply visa mana, terus kita cetak lagi (kalo gue sih gitu)
  3. Tourist visa application form yang sudah diisi. Tinggal print terus isi aja langsung pake pulpen.
  4. Tiket pesawat atau confirmed booking PP. Jelas lah ya.
  5. Confirmation of hotel booking di tempat-tempat yang akan dikunjungi di India. Buat yang rencananya mau go-show apa nyari hostelnya baru pas nyampe India nggak masalah kok, gue aja cuma attach konfirmasi booking buat 1 malem doang pas di Chennai. Padahal total ada 17 hari di sana. Cari aja hostel-hostel yang bisa dibook online kayak di hostelworld.com, bayarnya cuma DP dulu kok sekitar $3.
  6. Histori transaksi rekening bank dalam 3 bulan terakhir. Kalo kemaren Idznie sama Va bawa rekening koran asli gitu, kalo gue malah cuma nyantumin fotokopian buku tabungan BCA, dan tembus-tembus aja kok. Jumlah saldo juga gak masalah, kalo nggak salah kita-kita nggak ada yang sampe 8 digit, malah Idznie aja di rekening korannya cuma ketulis 1 jutaan.
  7. Biaya urus visa IDR 492,000. Tenang aja, bawa 500 ribu tetep bisa kembalian kok :)

Mungkin segitu dulu aja info dari gue, semoga berguna buat yang pada punya rencana jalan-jalan di India. Namaste!

1 comment:

Nadiah Azli said...

Haha! Tahniah. I read it as ternyata susah! XD