Monday, July 30, 2012

Masang Linksys EA4500 dan ngoprek Cisco Connect Cloud

Akhirnya setelah sekian lama penasaran pengen nyoba setting wireless router sendiri, hari ini kesampean juga. Hari ini gw nyobain ngeset sendiri router Linksys EA4500 Smart Wi-Fi Router buat disambung ke modem Cisco bawaan waktu pasang Fastnet di rumah. Sodara gue udah pake wifi router Cisco juga yang beda tipe buat koneksi Fastnet dia, tapi waktu itu gue nggak tau setting-settingnya, pas balik ketemu pas udah tinggal pake aja.

Dulu pas jaman kuliah ngobrol sama temen yang tukang ngubek-ngubek router kedengerannya ribetbener sampe musti atur IP sana sini, jadi pas tadi gue buka box Linksys ini udah siap ketemu sama buku manual yang lumayan tebel. Eh pas gue buka ternyata cuma ada modem, kabel power, kabel ethernet, sama CD doang sekeping. Instruksi di cover CD-nya cukup jelas sih, sebelom ngeset ini itu, disuruh nyalain setup dulu. Nggak usah khawatir, udah Windows & Mac ready ternyata.

Setelah instruksinya keluar, baru deh gue sambung-sambungin router sama modem Fastnet, nggak ada 15 menit udah kelar setting, koneksi lancar, wifi udah pake password, malah ada access point khusus buat guest. Langkah selanjutnya kalo kata CD setup sih disuruh bikin akun di ciscoconnectcloud.com.

Nah, jadi ternyata semua settingan buat router Linksys EA4500 itu diaturnya dari dalem sini. Ada beberapa fitur (di dalem menunya sih dibilang App) yang oke punya yang menurut gw cocok banget buat rumah apa kantor kecil:

  • Device List, standar lah sesuai namanya buat ngasih tau ada berapa banyak device yang lagi di network kita.
  • Guest Access, sesuai namanya, buat ngasih akses ke tamu biar gak ngubek-ngubek komputer/laptop yang ada di network kita. Maksimum bisa buat 50 guests. Asiknya yang ini tiap guest mau masuk, bakal ketemu login page di web browser mereka. 
  • Parental Controls, nah yang ini buat yang masih punya anak bocah, kalo lagi mau disetrap disuruh belajar gampang, akses internet buat devicenya tinggal diblok. Atau nggak mau dibikin akses internet cuma bisa dari jam 6 sore sampe jam 10 malem gitu juga bisa. Blokir langsung URL juga bisa di dalem fitur ini.
  • Media Prioritization, kalo yang ini jelas buat ngatur konsumsi speed. Yang desktop/laptop yang sering dipake live stream tinggal digiring masuk ke high priority. Selain itu bisa priority by app sama online games juga. Buat yang LDR pasti males kan lagi tengah-tengah call terus call dropped? Atau lagi asik main game kena lag akut?
  • Speed Test, ini sih standar banget ya, mirip lah sama speedtest.net.
  • USB Storage, kalo yang ini macem bikin cloud sendiri buat di rumah, buat setor file jadi satu, jadi routernya tinggal disambung storage yang kapasitasnya cukup buat serumah/sekantor aja.

Ada lagi yang menarik dari Cisco Connect Cloud ini: ada app-nya buat iOS! App bisa dipake buat ngontrol menu-menu yang ada di ciscoconnectcloud.com tadi via iOS device. Kali aja pas lagi nggak ada di rumah terus ada yang nyusup ke network, ya bisa tinggal blok. Ada temen dateng ke rumah pas kita nggak di rumah dan seenaknya nyalain komputer kita buat internetan? Tinggal blok. Gampang.

Singkat cerita, Linksys EA4500 ini menurut gue sangat recommended buat home / small office use, mungkin yang speed-nya udah orde 2mbps ke atas ya. Buat yang mau bikin hostel / kafe / tempat nongkrong juga cocok nih pake wireless router ini. Dia punya 4 output buat ethernet cable, USB-nya juga kalo nggak salah bisa buat printer sharing. Setup-nya juga gak ribet, tinggal klik sana sini, interface-nya enak.

Review dari CNET ngasih 4/5 buat router ini, di trusterreviews.com juga ngasih 8/10.

Sayangnya ini bukan tipe router yang bisa dicolokin ke USB modem, kalo bisa sih ya makin kece lah ini router. *ngelunjak*

Demikianlah review singkat dari orang buta jaringan kayak gue ini. Makasih banyak ya Cisco buat router-nya!

No comments: