Thursday, September 27, 2012

3 negara dalam 12 jam demi Legoland Malaysia

Bulan Juni kemaren, gue dapet info kalo Legoland Malaysia mulai jualan tiket early bird yang harganya Rp288K. Lumayan penghematan dibanding kalo beli online RM105 atau beli langsung di loket RM140. Tiket yang gue beli itu valid buat 1x masuk kapan aja dari 15-Sep sampe 31-Des 2012. Setelah hunting tiket pesawat murah sana sini, akhirnya dapetlah pergi 25-Sep pake AirAsia Rp289K sama pulang 26-Sep pake Jetstar S$43 atau sekitar Rp334K.

Rencana awal tadinya pengen ngampar di Changi biar nggak keluar duit nginep, tapi setelah ngecek ternyata Jetstar baru bisa checkin 3 jam sebelom, akhirnya dipilihlah buat nginep di Empire Hostel. Lokasinya nggak di tengah kota, tapi yang penting ada tempat buat tidur, gue dapet 8 bed mixed dorm yang harga semalemnya nggak nyampe Rp90K, toh yang penting tidur.

Tibalah tanggal keberangkatan, demi naik bis DAMRI yang jam 4 pagi akhirnya harus bayar taksi Rp25K padahal di argo duma Rp12K gara-gara order by phone. Pas early breakfast di 7-Eleven baru inget kalo boarding pass AirAsia sama web travel document Jetstar yang udah di-print ketinggalan. Yaudahlah, untung data-datanya udah masuk di TripIt app. Petugas counter di Indonesia juga udah melek teknologi kok.

Pas cap di imigrasi si petugasnya nanya: "Mau ke mana?". Gue: "Singapur aja, mas". Petugas: "Nggak lanjut?". Oh dia kayaknya liat visa Jepang yang belom kepake. Gue: "Oh itu buat minggu depan". Petugas: "Dapet berapa ke Jepang PP?". Dan akhirnya malah ngobrol sebentar soal tiket murah AirAsia vs Garuda :))

Sekitar jam 9 gue nyampe di Changi, rencana awal mau ke bus stop buat nyambung bis langsung sampe ke Johor Bahru. Tapi apa daya lagi nggak bawa uang receh, kartu EZlink juga nggak ada. Akhirnya gue putusin naik MRT aja daripada bolak balik beli EZlink (S$12) di MRT Changi abis itu balik ke bus stop.

Berbekal gothere.sg versi mobile, rute MRT pagi itu gue ambil East-West Line sampe Paya Lebar, lanjut Circle Line sampe Bishan, lanjut lagi North-South Line sampe Kranji. Total tempuh sejam lebih. Di bawah Kranji MRT Station ada money changer, kursnya oke-oke aja lah. Tuker secukupnya aja kalo mau ke Johor Bahru.

Setelah cari-cari referensi tentang prosedur di border crossing, dapet nih tulisan yang cukup membantu, paling nggak jadi nggak bingung-bingung amat pas di imigrasi. Ada bis SBS Transit nomer 160 sama 170X dari Kranji ke JB Sentral (Kotaraya) kalo nggak 170 ke Larkin Terminal. 2 destinasi itu bakal ada shuttle bus ke Legoland.

Enaknya pake SBS Transit / SMRT kalo ke Johor itu kita bisa hop on bis mana aja yang pake EZlink sekelar cap keluar di SG. Lewatin jembatan 'Suramadu', turun lagi di pos Malaysia, terus bisa hop on lagi buat lanjut. Pas di border SG si petugasnya sempet bingung soalnya gue masuk SG dan ninggalin SG lewat port yang beda di hari yang sama. Langsung aja gue timpalin: "Only for the Legoland". Si petugasnya imigrasi bales: "Seriously?" sambil nyengir dan ngasih paspor balik. Lumayan lah gue bisa 3 negara kurang dari 12 jam, hampir mirip NOAH yang 5 negara 24 jam.

Di bis dari pos Malaysia ke Larkin Terminal, ada bapak-bapak orang Malaysia ngajak ngobrol, pertamanya disangkain gue Filipino. Terus ujung-ujungnya dia curhat kalo Bahasa Melayu di sana udah makin jarang ditemuin. Sekolah pengantarnya Inggris, ke McD disambutnya pake Inggris. Sabar ya, Pakcik. Sekitar jam 10.30 gue udah di Larkin Terminal, shuttle bus Causeway Link nomer LG1 yang harusnya nongol jam 11 ternyata agak ngaret.

Pas bisnya dateng, gue udah keluarin RM10 buat ngasih ke supirnya, dia bilang nggak ada kembalian dan akhirnya gue langsung duduk dulu aja. Ada sekitar 20 menit ke Legoland dari Larkin. Pas udah nyampe, gue ke depan lagi terus bilang: "Hey abang, I haven't pay for my ticket". Supir: "I got no change". Gue: "Me too, I only got RM3.6". Supir: "Ah it's okay lah". Lumayan diskon RM0.4. Akhirnya sampe juga di Legoland Malaysia!

The Legoland Malaysia

Pertama kali masuk langsung nyomot map di area The Beginning dan langsung mutusin buat ngider sisinya Legoland baru ntar terakhir ke Miniland. Semua patung-patung sama dekorasi di sana bener-bener dibikinnya dari Lego. Detail banget!

Perhentian pertama gue ke area Lego City, pas liat di announcement board kalo lagi mau ada show di Lego City Stage. Nama shownya Loudest Shout, cocok banget kalo bawa anak kecil buat edukasi safety di lingkungan rumah, tapi kalo buat yang udah gede sih jadinya garing bin kriuk. Wahana lainnya di area ini ada Rescue Academy, City Airport, Boating School, Driving School. Cocok buat adik-adik kita. Mereka diajakin ke yang Rescue Academy pasti seneng sih, soalnya jadi pemadam kebakaran buat dulu-duluan siapa yang madamin api. Jangan lupa juga naik Legoland Express buat ngelilingin setengah Legoland, 15-20 menit sekali jalan.

Dari situ gue pindah ke area Land of Adventure. Ada Lost Kingdom Adventure yang kayak Perang Bintang, Beetle Bounce yang kayak versi cupunya Histeria, sama Dino Island yang kayak Niagara-gara. Yang gue cobain cuma Lost Kingdom Adventure soalnya agak males basah-basahan di Dino Island meskipun di depannya udah disediain Haystack Dryer yang cukup beberapa Ringgit doang. Yang thrilling cuma Dino Island, sisanya thrilling juga untuk skala bocah.

Lanjut lagi ke area Imagination, buat anak-anak kecil cocok ke Duplo Playtown, Duplo Express, sama Kid Power Towers. Kalo yang buat semua umur bisa ke Lego Studios yang nayangin 3 film 4D yang beda-beda setiap setengah jam (gue dapet yang Clutch Powers 4D), Observation Tower yang jadi signature attraction di tiap Legoland, sama Build & Test buat yang suka mau ngetes Lego rakitannya (kalo bikin mobil) bisa ngebut seberapa kenceng sama (kalo bikin gedung) bisa digoyang sampe magnitude berapa.

Kelar dari situ, geser lagi ke area Lego Kingdoms, bangunan utamanya kastil gede yang jadi tempat masuk buat The Dragon, bisa dibilang Halilintar-nya Legoland, bedanya nggak pake jungkir balik aja. Kalo bawa anak kecil yang masih takut, bisa diajakin ke wahana seberangnya: Dragon's Apprentice. Sisanya ada The Forestmen's Hideout, Merlin's Challenge, sama Royal Joust yang less thrilling.

Area terakhir yang gue mampir sebelom Miniland itu Lego Technic. Di depannya Lego Academy ada Lego Darth Vader segede gambreng, terus di sebelahnya ada Lego Mindstorms yang ada Lego bentuk muka Einstein yang tingginya 4 meteran. Di area ini wahananya lumayan seru, ada Technic Twister, ada juga Aquazone Wave Racers yang kalo kita naik bisa disemprot apa dikasih water explosion sama pengunjung yang lagi nonton di pinggir, kalo naik itu semacem pasrah mau dibasahin segimana sama pengunjung. Nah, yang menurut gw paling thrilling selain The Dragon itu ada namanya Project X, tapi sayangnya pas gue ke sana belom operasi.

Penjelajahan wahana selesai, gue melipir ke area Miniland. Area Miniland di tiap Legoland beda-beda, di Malaysia ini ada sekitar 17 miniland, mulai dari KLIA, Putrajaya, Kuala Lumpur, Johor Bahru, Singapore, India, Myanmar, China, Laos, Pirate, Brunei, Philippines, Indonesia, Vietnam, Cambodia, Thailand and Port Tanjung Lepas. Untuk Indonesia sendiri diwakilin sama miniatur Lego dari Pura Tanah Lot, lengkap sama miniatur orang-orang yang lagi surfing sama lagi upacara adat. Buat yang doyan foto, di sini tempatnya. Miniaturnya juga kadang-kadang punya push-button yang bisa dimainin, ada beberapa spot kayak air mancur Merlion yang kalo dipencet malah jadi nyemprot ke kita. Ati-ati basah aja :)

Gimana seputar makanan? Jangan khawatir, di pintu depan Legoland sebelom masuk ada pilihan Burger King dan sejenisnya. Nah, kalo mau yang menu Legoland, mereka juga punya variasi. Tiap area punya restoran sendiri-sendiri. The Cafe (The Beginning) punya European pastries & breads, Robot Kitchen (Lego Technic) punya makanan Asia/India, Knight's Feast (Lego Kingdom) punya jajaran grilled food, Pizza Mania (Imagination) jelas spesial pizza, Jungle Cafe (Land of Adventure) punya Halal-certified burgers, sama Market Restaurant yang lebih general mulai dari Continental sampe Asian cuisine. Gue sendiri nyobain 1/2 roast chicken with vegetables di Market Restaurant soalnya katanya ini menu signaturenya. Lumayan RM20 udah dapet ayam gede banget.

Terus kalo mau beli Lego di mana aja? Banyak! Sama lagi kayak tempat makan, di tiap area ada tempat shoppingnya. Yang paling gede dan katanya biggest LEGO shop in all of Asia itu ada di The Big Shop. Gue cukup yakin sih kalo yang demen banget sama Lego bisa bongkar tabungan di sini.

Untuk info lainnya, buat yang dateng bawa balita, ada rental buat stroller. Buat yang dateng dan males bawa-bawa tas gede juga bisa sewa locker di area The Beginning.

Back to SG

Sekitar jam setengah 5 gue udah ke depan lagi buat ngambil bis shuttle yang entah kenapa ngaret lagi agak lama. Kali ini gue nggak ada uang kecil lagi dan untungnya ada 2 orang Indonesia yang mau naik juga dan akhirnya bayarnya gabung di gue. Harganya sama RM4 udah sampe ke JB Sentral. Dari JB Sentral tinggal jalan kaki dikit ke pos imigrasi, abis itu lanjut cap ini itu, enaknya Malaysia juga udah gak pake departure/arrival card jadi cepet, yang lama itu di imigrasi SG. Untunglah udah baca tips kalo isi arrival card pas sambil antri aja jadi hemat waktu.

Sampe di Kranji tuker lagi sisa Ringgit ke SGD daripada mubazir. Pake North-South Line langsung ke Orchard, mampir beli titipan orang-orang di bistip, dan jam 10 kurang udah sampe di Empire Hostel. Agak kecele juga soalnya di direction dibilang turun di Boon Keng MRT dan naik bis 3 stop, gue pikir nggak jauh jadinya jalan kaki dan ternyata gempor juga. Ternyata kalo mau jalan kaki bagusnya turun di Potong Pasir MRT.

Untuk harga kurang dari Rp90K semalem, hostelnya enak. Free wifi, free massage chair, showernya oke, bednya juga mantep dapet 2 bantal pula lengkap sama universal power outlet jadi gak usah mikirin adaptor colokan. Tadinya niatnya nyicil blogpost Legoland tapi batal gara-gara nimbrung bongkar video-video Gangnam Style bareng bule-bule penghuni hostel.

Besoknya gue checkout cukup mepet sama waktu waktu checkin di Changi. Baru jalan dari hostel jam 11, flight jam 13.20. Eh ternyata pas di boarding room ketemu @MariskaWandita sama @MaharaniWandita yang abis semingguan di sana buat Singapore F1 GP. Naik Jetstar ternyata asik juga, masih dapet roti sama air minum, pramugari sama pramugaranya juga kayaknya lebih santai. Mungkin lain kali bisa nyoba lagi nih naik Jetstar. Yang beda palingan di counter ini petugasnya nyuruh nimbang hand-carry baggage, mungkin karena keliatan kalo gue bawa backpack gede sama satu plastik bawaan tambahan yang keliatan berat.

Nyampe di Jakarta juga ternyata musti ngantri mendarat dan akhirnya turunnya telat 30 menit. Belom lagi dari bandara ke Blok M pake DAMRI udah kena macet 2 jam. Welcome to back home to Jakarta!