Monday, March 31, 2008

cameravolution.

Kamera. Tiba2 aja muncul niatan bikin review kamera2 yang gw punya setelah gw abis bersih2 kamera kemaren sore. Yah, biar kata kamera segini banyak tetep aja skillnya segitu2 aja gak naik2. :(



top to bottom: canon powershot a540. canon eos digital 400d. nikon n2020. canon powershot a75. sony dcr-hc28 mini-dv.

Please introduceee:
  1. Canon Powershot A75. My first camera, pertama kalinya gw kenal fotografi digital dari nih kamera, pas kelas 1 SMA kalo gak salah. Biar kata cuma 3,2 megapixel tapi jaman itu udah cukup bikin gw puas soalnya sebelom gw itu gw cuma pake kamera poket kokang. Thx Dad for lending me that camera, emang ternyata kamera emang punya 'power' di tiap 'shot'nya. Halah! ya soalnya dibanding kamera2 pocket digital lain kamera yang gw pegang ini waktu itu punya beberapa pros, salah satunya settingan Av, Tv, M.
  2. Canon Powershot A540. Kamera kedua gw, akhirnya ngganti kedudukan PS A75 gw gara2 bokap gw ganti pake PS A640, PS A540 pun lengser ke tangan gw, PS A75 pun lengser ke tangan adek gw. Nyokap gw? Maybe later, soalnya waktu itu sempet keilangan kamera digital di angkot waktu lagi ada acara di Malang (untungnya itu kamera hasil doorprize). :D Yah, akhirnya gw bisa mulai menjelajah kamera 6 megapixel dengan settingan yang lumayan jauh beda loncatannya dibanding A75 yang gw pegang ampir 3 taun. Yang bikin gw demen juga nih kamera punya fitur movie capture sampe mode fast frame rate. Ajib dah!
  3. Nikon N2020. Beranjak semester 2 kuliah, tangan kanan gw mulai gatel pengen pegang kamera bodi item, tangan kiri gatel pengen main2 sama zoom/focus, mata gatel pengen ambil shot langsung dari viewfinder, bukan LCD. Gw pun minta coba2 negosiasi minta dibeliin DSLR. Ternyata gw malah dilungsurin Nikon N2020, nih kamera dibeli staun seblom gw lahir kalo gak salah. Pantesan bau eightiesnya kerasa banget pas gw pertama pegang. Beruntung lensa yang udah nempel di bodinya ternyata lensa autofocus, gw pikir cumalensa jaman sekarang doang yang punya fitur autofocus, ternyata 20 taun lalu udah ada, walopun suara 'ngek2'nya masih kenceng banget. Nih kamera juga gw sempet pake buat training fotografi waktu libur semester di Bandung.
  4. Sony DCR-HC28 Mini-DV. Entah gw yang terlalu plin-plan, akhir semester 2 gw beli nih handycam. Akhirnya gw berhasil beli gadget hasil tabungan gw sendiri. Yah, I just love to capture moments. Paling gak nih kamera ada gunanya waktu jamannya si Gaby lagi manggung di II 2007, Natalan JC & Youth GBI Kebayoran, sama family trip desember kemaren ke S'pore. Hmmm, akhir2 ini belom banyak disentuh lagi, apa tandanya harus gw jual buat memenuhi dahaga gw untuk kamera di bawah? Ntar kali ye. Mungkin suatu saat gw bisa bikin project indie movie? Who knows.
  5. Canon EOS 400D. Dream comes true, Dude! Akhirnya, gadget kedua yang gw berhasil beli (lagi) pake tabungan gw, yang akhirnya tabungan gw cuma nyisa 70ribu perak di awal bulan. Beruntung pas gw beli pas lagi libur semester 3 kemaren, jadi expense gw bisa dipress sedemikian rupa sampe gw bela2in makan pagi-siang-malem di rumah. Bukan boongan kalo orang bilang fotografi hobi mahal, dan gw korbannya! Jangan kira beli DSLR cuma sekedar body+lensa aja. Masih ngantri tas, lcd protector, filter (at least for your lens protector), cleaning kit, belom lagi aksesoris lain yang harganya mungkin bisa bikin gw makan pagi-siang-malem selamanya di rumah. Di luar semuanya itu, yang ada cuma satu kata, PUAS! Akhirnya kesampean juga gw pegang si bodi item, yang penting, eksperimen jalan terus. Mohon bimbingannya ke sesepuh, masih nubi ini soalnya. :)
Yah, itulah cerita dibalik evolusi kamera yang dateng dan pergi dari genggaman tangan gw. Mungkin ada cita2 terpendam jadi tukang dokumentasi juga kali yah. Pokonya yang mo hunting, ato malah ada yang mau kasih gw gawean freelance, drop me a call yah! :D

----------------
Now playing: Linkin Park - Shadow Of The Day
via FoxyTunes

3 comments:

STE said...

waa, hebat bgt niel, bisa nabung sampe beli gadget2 itu..
soal menabung, kayaknya gue perlu belajar banyak niy dari lo..
ajarin donk!!

Daniel Giovanni said...

caranya..
kencangkan ikat pinggang..
tahan lapar.. :p
hehehehe..

klo ada niat nabung mah pasti bisa lah stel.. :D

STE said...

kencangkan ikat pinggang? tahan lapar??
TIDAK!!
gue keluar rumah dari jam 6 pagi, pulang paling cepet jam 6 sore..
rumah gue jakarta, kampus gue di banten, perjalanan gue sangat panjang, secara ujung ke ujung (timur ke barat), MANA TAHAN!

tapi kalimat terakhir itu, NAMPOL SANGAT!