Sunday, March 9, 2008

kenyang jazz di jjf 2008.

Wuih, akhirnya tercapai juga keinginan gw buat nonton Jakarta International Java Jazz Festival 2008. Walopun Sabtu kemaren sempet diawali insiden softlens robek kebagi dua di dalem mata pas gw mau berangkat kampus, gak menyurutkan niat gw untuk berangkat kampus (yang selanjutnya cabut ke JJF tentunya). Untung gw masih nyimpen softlens gw bekas taun lalu, yah jadi masih ada backup lah, walopun aturannya sih udah expired.

Balik kuliah jam 3, gw hotspotan bentar di kampus, ngecek facebook mau liat apa ada yang mau nemenin gw nonton di JJF ntar, dan ternyata tidak, malah di wallnya JJF ada yang nulis "kasian deh nonton sendirian", poor me. O'iya, facebook & gmail sama binus kayanya udah diblok, jadi buat lo yang mau browsing musti pake free proxy, banyak kok tinggal search di google.

Jam 4an gw nyampe di JCC, parkiran motor belom penuh2 amat, baru setengahnya keisi. Yah, tipikal acara2 gede di Indo, calo menyemut, nawarin tiket. Gak tau mereka kalo gw tiket aja dapet menang, maklum mahasiswa kere, no money man. Masuk ke entrance gate, gw udah was2 aja gak boleh masuk, lha gimana nggak, isi tas gw udah kaya bawa Glodok mini, mulai dari laptop, pda, ipod, kamera, usb, sampe komponen buat praktikum sisdig masih gw bawa. Cukup lengkaplah kalo committee nuduh gw mau rakit bom di dalem. Ternyata aman2 aja, mereka buka tas gw depannya doang yang isinya binder, abis liat itu langsung dikasih ke gw lagi, lagian yang bawa DSLR sampe lensa2 bazooka juga banyak kok.

IMG_1178IMG_1312
ran. dira. world peace project.

Gw masuk ke dalem, dan selayaknya orang kampung baru masuk kota, gw bingung mau ngapain. Gw cek pocket-show-schedule gw, oh, ada RAN lagi manggung di Exhibition Hall B, pantesan pas gw jalan liat kiri-kanan kok ABG2 smua (gw kan bukan ABG :p), bener aja, masuk hall jam 4.15, depan panggung udah nyemut aja, yah berhubung mp3 RAN ada di kompie gw, gw bisa inget2 dikit song line-up-nya. Mulai dari gw dateng, lagi dibawain Auramu, lanjut sama Selamat Pagi, Hanya Untukmu, D'Inspiration, trus tiba2 ada lagu yang gak pernah gw denger di mp3nya, sure thing, mereka bawain lagunya BSB yang BSB Are Back (???????).

Cukuplah gw di panggungnya RAN, gw cabut ke Cendrawasih 1, ada Saharadja ternyata, genre apa yah, world music kali yah, sayang gw nyampe sana udah mau abis, padahal gw naksir berat sama instrumen tiup yang suaranya mirip kalo lagi perang suku Aborigin. Gw langsung cek schedule lagi, Dwiki Dharmawan's 'World Peace Project' bakal nampil, ditulis disini sih featuring W. Rayes, R. Burn, Tollak, S. Thornton. Yah, mohon maklum aja tuh empat nama terakhir belom ring a bell di kuping gw, cuma tau Dwiki doang soalnya gw.

IMG_1321IMG_1394
dwiki dharmawan. jody watley.

Back again ke Exhibition Hall B, RAN masih manggung ternyata sodara sodari, pas gw nyampe mereka lagi bawain lagu trakhir, Nothing Lasts Forever. Gw gak nimbrung ke crowdnya RAN, tapi gw langsung ke depan panggung sebelahnya yang masih gelap, udah ada beberapa orang juga sih disitu, sama kayak gw, nungguin Dwiki Dharmawan. Yah lumayan lah, gw dapet spot asik di paling depan, jadi bisa leluasa nyender ke barikade & jepret sana sini. O'iya, di nih panggung Dira juga sempet muncul 2x, Marc Antoine juga ternyata masuk ke World Peace Project.

Gw nongkrong disitu sampe shownya beres, lagian mau kluar juga ribet, paling depan gitu gw berdirinya. 6.45 beres Stage 2, gw langsung ngesot ke Stage 1. Jam 7nya ada Jody Watley manggung, lumayan ada 15 menit buat gw duduk, & asiknya lagi2 gw dapet spot paling depan. Panggung dibuka, muncullah sesosok wanita berambut kriboabis, tak lain tak bukan ya Jody Watley. R&B full sejam, tante Jody juga gak brenti2 goyang, sampe susah bener dah ngambil gambarnya, maklum pake lensa standar jadi gak bisa digeber kenceng2 shutternya.

IMG_1541
west coast all-stars. greg adams. jeff kashiwa. gregg karukas.

Beres dari Stage 2 jam 8an, ngesot lagi ke Stage 1, kali ini sih ngesot hampir dalem arti sebenernya, kaki gw gempor cing! Gila aja gw perut kosong, makan trakhir jam 9 pagi di rumah, itupun nasi dikit, pake capcay, pake fuyunghay, sama telor ceplok. Mau jajan, harganya snacknya aja gak kira2, ya udah gw makan jazz aja deh. Di Stage 2 ini ada West Coast All-Stars feat. Greg Adams, Jeff Kashiwa, Gregg Karukas, mulai dari opa Greg yang udah tua gitu tapi trumpetnya beuhhhhhh gokilnya, lanjut sama Jeff Kashiwa yang yang biar nama Jepang tapi ngomongnya American English medok (baru pertama kalinya juga gw liat saxophone digital yang dia mainin), sama Gregg Karukas yang sepanjang show gak brenti2 senyum. Lagi2 gw berdiri 1 jam disitu, dan lagi2 di depan, hehehe. Disini juga muncul berita buruk kawan, memori gw tinggal 50x jepret lagi bisanya, berarti dari tadi gw udah take 250 foto, padahal udah gw sengajain pake quality medium. Dan yang paling bikin males, batere kamera gw udah nunjukin indikasi mau abis.

Stage 2 selesai, ngesot lagi gw ke Stage 1, idup gw beberapa jam terakhir kayanya cuma ngesot 20 meter bolak-balik doang. Kali ini gw kurang sukses, yang nungguin Maysa Leak lumayan banyak, jadi gw udah gak bisa langsung ke paling depan, Jam 10 teng panggung dibuka, Maysa Leak belom muncul tapi udah band udah ada, ditambah Jeff Lorber aja lah! 2 lagu dibawain dulu sama om Jeff, baru lanjut Maysa Leak muncul. Gw angkat Canon 400D gw, siap jepret, pret! "Change your battery pack". Biyatch! Alhasil baru setengah jam disitu, gw langsung cabut soalnya gak bisa jepret2 lagi, lagian gw lagi mo ngincer George Clinton di Plenary Hall.

Depan entrance Plenary Hall belom rame, pas gw dateng jam 11 kurang, tapi beda 3 menitan abis gw masuk antrian, langsung gw tengok ke belakang udah ngantri parah. Jam 11 udah lewat, gate belom dibuka juga. nunggu lama bikin bosen, pengen ngambil ipod takutnya pas pasang pas gate dibuka, gak lucu juga. Pengen minta FHM yang dibagiin gratisan (katanya), tapi jauh. :D Akhirnya kita baru masuk jam 11.30, yoih, 1/2 jam ngaret sodara sodari, itupun di dalem gak langsung mulai, masih nunggu 15 menitan. Panggung dibuka, band muncul, George Clinton belom muncul, tapi dari dandanannya anggota band sih, udah dijamin nih show nyentrik gila. Dan benar saja sodara sodari, doi muncul cuma pake kaen putih yang dibikin kaya popok gitu, udah, cuma pake kayak gitu doang dia. Kalo orang bejat liat pasti diteriakin orang gila nih si om, untungnya gw gak sebejat itu, cuma kebayang dikit sama orgil yang gw pernah liat waktu kecil di pinggir jalan. Tapi jangan liat dari penampilan lah yah, yang pasti di plenary full funk abis!

Jam 12 pas. Gw cabut keluar mau ke Cendrawasih 2&3, niat hati liat D'Sound, tapi malah ketemu Raul Midon, yahhh kalo yang gak tau gimana jelasinnya yah, comparisonnya Stevie Wonder aja kali yah, kalo Stevie Wonder mainnya keyboard, kalo Raul Midon main gitar, ngerti kan? Gokil dia sih mainnya, petikan gitarnya cepet banget, malah kadang senarnya yang dipukul, jadi inget film August Rush, gw cuma bentar aja disitu, abis itu cabut lagi ke Assembly 1 pengen liat The Harvey Mason Trio tapi pas gw masuk, buset dah crowded parah, mungkin di ruang Assembly nontonnya pake kursi semua kali yah, jadi kayak kawinan.

Ya udahlah, udah jam 1/2 1, gw pilih balik aja. Pas di luar iseng2 liat schedule, dan ternyata D'Sound tampilnya gak jadi di Cendrawasih, tapi di Exhibition Hall B Stage 2 alias panggung sebelahnya Maysa Leak. Sial! Total gw 9 jam ada di JCC, soalnya pas bayar parkir kenanya 8000 perak. Yaudahlah, thx God You gave me such a strong stomach, jadi gw cuma keluar duit gak nyampe 10 ribu. Sampe rumah langsung gw bikin nutrisari dingin, rebus mie rasa ayam spesial, tidur.

Thank you JavaJazz! Semoga taun depan gw bisa dateng lagi (tiket gratis lagi?) :D

*foto2 bisa cek di flickr gw

----------------
Now playing: Stanley Clarke - The Learning Curve
via FoxyTunes

1 comment:

Anonymous said...

Sekarang tiket JJF 2009 tersedia di www.qstore.tv